Landing Page

Cara mempromosikan produk anda dengan mudah LANDING PAGE All Product

LANDING PAGE  New!  SUPPORT IKLAN GOOGLE ADWORDS/ADS Cara mempromosikan produk anda dengan mudah, Bisnis online anda akan di banjiri peng...

Cara NgIklan Di Google Ads

Cara ng Iklan Di Google Ads (Update 2019)

Kali ini saya akan bagikan cara pasang iklan di google ads secara garis besar namun cukup lengkap untuk di aplikasikan dan memulai iklan google anda sendiri.
Iklan google ads sekarang menjadi pilihan utama untuk melakukan pemasaran melalui internet. Karena 74% dari 150 juta pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian produk dan bisnis melalui google.
Dan oleh karena berada di posisi teratas pencarian generik google cukup sulit maka kita bisa coba cara paling cepat dengan cara pasang iklan di google ads.

Mendaftar di Google Ads
Akan muncul halaman kedua dengan 2 kolom formulir. masing-masing untuk email dan alamat website.
Belum punya website? silahkan pertimbangkan untuk memiliki website profesional. Bisnis lebih terpercaya dengan website profesional. Karena perlu diingat anda akan mebayar setiap klik yang masuk dari pasang iklan di google. Jadi perlu di efektifkan. Lihat paketnya disini.
Atau bisa juga buat website gratisan dengan menggunakan blogspot.

Menyiapkan Iklan Pertama Anda
Dengan perubahan dari google adwords ke google ads. kini semuanya menjadi sangat mudah dan cepat.
Di halaman ini anda akan langsung di pandu cara membuat iklan di google ads dengan cepat. langsung dari pendaftar. Lihat gambar dibawah.
Setiap kolom sudah disiapkan apa saja yang perlu anda isi. Jadi tidak perlu bingung apa yang harus di lakukan.
Namun jika anda belum yakin. anda bisa lihat contohnya dibawah ini. Buka satu persatu kolom isian yang diperlukan untuk membuat iklan.

1. Menentukan Anggaran Harian

Silahkan tentukan anggaran harian maksimal yang ingin anda kehendaki untuk dibelanjakan untuk iklan per hari. Isi nominal tanpa tanda titik.
Apakah anggaran harian pasti habis?
Belum tentu.
Nilai yang anda isikan bisa lebih sedikiiiiit… biasanya tidak lebih dari 30% dari anggaran harian.
Tapi lebih sering kurang dari pada itu.
Anggaran harian sangat tergantung dari biaya per klik per kata kunci dan jumlah klik yang di dapat per satu hari.
Jika anda memilih banyak kata kunci yang kompetitif yang tentu biaya per kliknya jadi lebih mahal dengan jumlah pencarian yang banyak per hari. maka anggaran harian anda akan cepat habis.
Sebagai permulaan anda bisa mengisi nilai berapapun. anda bisa merubahnya jika dirasa kurang atau terlalu berlebihan di hari berikutnya setelah melihat kinerja iklan.
Berapa anggaran harian yang di perbolehkan?
Bebas! tidak ada minimal. namun anggaran harian juga menentukan Quality Score dari iklan anda. intinya google ads menilai di posisi mana iklan ada akan ditayangkan.
2. Memilih Target Permisa


Anda diminta untuk memilih jangkauan target pemirsa berdasarkan wilayah.
Jadi semua orang yang ada di wilayah yang anda pilih bisa melihat iklan anda ketika orang tersebut mengetik kata kunci yang cocok untuk memunculkan iklan.
secara default google ads akan wilayah jangkauan seluruh Indonesia. anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan.
Target wilayah bisa di pilih se spesifik mungkin sampai tingkat kode pos.
Anda juga bisa menggunakan negatif target.
Contoh: anda ingin pasang iklan google di seluruh Indonesia namun mengecualikan di wilayah tertentu. caranya anda tinggal pilih satu wilayah kemudian tambahkan wilayah yang ingin di kecualikan.
Semua detailnya sudah disiapkan sehingga anda tidak bingung cara pasang iklan di google berdasarkan penargetan wilayah.
Lihat contoh dibawah ini.

bisa di isi sebanyak mungkin sesuai keinginan.
Klik Simpan jika sudah. lalu kita bisa lanjut ke tahap berikut adalah…

3. Pilih Jaringan Iklan

Pada pilihan jaringan iklan. saya sarankan untuk tidak mencentang display network.
Tujuannya selain tidak efektif menjangkau pemirsa yang tepat juga untuk mengurangi dan menekan biaya iklan agar tidak mubazir.
OKE. Lanjutttt…

4. Memilih Kata Kunci

Pilih kata kunci sebanyak yang di inginkan.
Saran dari saya. pastikan anda memilih kata kunci yang sesuai dengan bidang bisnis yang anda tawarkan.
Sebaiknya pilih yang spesifik yang sekiranya banyak orang mencari. walaupun untuk memilih kata kunci yang tepat dan efektif ada cara tersendiri.
Namun jika anda sudah mengetahui kata kunci apa yang di pilih silahkan ketik kan pada kolom isian, lalu klik Tambahkan.
Yuk lanjut ke tahap selanjutnya…

5. Menentukan Bidding

Pada dasarnya adalah nilai maksimal yang ingin anda keluarkan atau harga sekali klik iklan.
Ada dua pilihan disini.
Pertama. Mempercayakan google untuk menentukan sendiri nilai per klik.
Sistemnya dengan melihat tingkat kompetisi, berapa jumlah pengiklan dengan kategori yang sama seperti wilayah jangkauan dan kata kunci.
Kedua. Anda mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik.
Namun ada hal yang perlu anda perhatikan saat memilih untuk mengisi nominalnya sendiri.
Jika terlalu rendah. iklan anda mungkin tidak akan muncul.
Jika terlalu tinggi. Mungkin anda akan lebih cepat kehabisan anggaran harian.
Adakah cara mengetahui berapa nilai per klik satu kata kunci? agar kita bisa menentukan nilai per klik nya tidak terlalu rendah sehingga iklan tidak muncul atau tidak terlalu tinggi sampai biaya yang dikeluarkan mubazir.
Ada! namun disitulah ribetnya. Butuh satu pembahasan tersendiri untuk membahas hal tersebut.
Untuk aman nya saya sarankan agar memilih pilihan pertama saja.

6. Membuat iklan

Silahkan isi kolom tersebut sesuai dengan apa yang ingin anda iklankan.
Mulai dari Halaman landing. bisa halaman beranda (HOME) atau halaman yang spesifik.
Judul pertama adalah penentu. sesuaikan dengan target kata kunci yang ingin di jangkau.
Judul kedua. Sebagai tambahan.
Kolom Ketiga. Untuk deskripsi detail tentang bisnis, produk, jasa yang ingin di iklankan.
Untuk di perhatikan masing-masing kolom memiliki batasan jumlah karakter.

SELESAI!?
belum. lihat kembali secara teliti satu per satu yang detailnya. jika semua dirasa telah siap maka kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
Oh ya. jika anda merasa masih pemula. pastikan anda mencentang isian paling bawah. anda akan memerlukan kiat-kiat berharga cara pasang iklan di google ads dengan kinerja iklan yang efektif.

Semua sudah? klik [Simpan dan Lanjutkan]
Menyiapkan Detail Penagihan

Disini adalah tahapan terakhir cara pasang iklan di google ads.
Anda diminta untuk memasukan detail penagihan pembayaran.
Pada dasarnya sangat mudah untuk di isi, namun ada beberapa penting yang perlu di perhatikan.
Silahkan simak gambar berikut dan deskripsi lengkap di bawahnya.
Perhatikan beberapa bagian yang penting.
1. Negara dan Zona Waktu.
Pilih negara penagihannya Indonesia agar anda bisa membayar dengan mata uang rupiah.
Pemilihan zona waktu yang sesuai. agar anda bisa menentukan waktu tayang iklan nantinya.
Untuk mengatur waktu penayangan akan saya jelaskan dibagian bawah.

2. Info Pelanggan.
Pilih jenis akun Individual. Akun individual lebih mudah digunakan.
Informasi pajak, pilih Pribadi. Jika punya NPWP bisa di isikan juga tapi tidak wajib.
Isi detail nama dan alamat beserta kode pos secara benar.

3. Cara Pembayaran.
Disini ada 2 pilihan. Otomatis atau Manual.
Jika pilih otomatis anda wajib memiliki kartu kredit. Jika pilih manual anda bisa melakukan transfer melalui Mobile banking, atau ATM.
Pada pilihan manual anda juga bisa menggunakan kartu kredit.
Perhatian! tidak saya sarankan menggunakan Internet Banking. ATM adalah pilihan terbaik jika tidak punya kartu kredit.
Cara pembayaran otomatis menggunakan kartu kredit sangat tidak saya anjurkan! Biaya iklan bisa kebablasan.

4. Metode Pembayaran.
Untuk cara pembayaran secara manual anda bisa menggunakan kartu kredit atau dengan cara tranfer. seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
Untuk cara transfer nanti anda akan diberikan nomor rekening tersendiri. Silahkan simpan nomor rekening dan cara pembayarannya.
Cara pembayaran manual menggunakan kartu kredit. saldo langsung masuk seketika itu.
Pembayaran manual melalui transfer biasanya masuk antara 2-5 hari.

5. Centang Persetujuan.

Klik [Selesai dan buat iklan]
maka anda akan dapat detail lengkap cara transfer secara manual.
Catat! dan Simpan baik-baik detail nya.
Setiap akun punya detail nomor rekening yang berbeda-beda.
Silahkan transfer sesuai dengan anggaran harian yang sudah anda tentukan di awal cara pasang iklan di google ads.
Contoh:
Jika anggaran harian yang anda tentukan adalah Rp 50.000/hari dan ingin iklan tayang selama 7 hari maka uang yang ditransfer adalah Rp 350.000. Tapi berapapun di transfer juga bisa.
Kalau sudah tinggal close saja dengan klik tanda X pada pojok kiri atas.

Jika sudah di close maka ada satu halaman lagi. seperti gambar dibawah ini.

Klik [Buka akun Anda]
Tunggu beberapa saat.
dan…
Tuk…. Wak…. Gak….
TARAAAAAAAA…………….

Bagaimana? masih kuat?
Apa ini bli?
Ini adalah tampilan dashboard dari google ads.
Yang anda tatap ini adalah ujung dari sebuah gunung es.
Google ads memiliki banyak fitur unggulan yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan dan membuat kinerja iklan lebih efektif.
Penjelasan tentang cara pasang iklan di google ads ini memang hanya diperuntukan untuk iklan text pencarian saja. dan mungkin hanya itu anda anda butuhkan saat ini. Agar iklan dapat tampil di google dan pencari informasi mengenai bisnis anda dapat dengan mudah menemukannya.
Memastikan Iklan Google Sudah Bisa Tayang
Berikut adalah lanjutan cara pasang iklan di google ads. Kali ini kita perlu memastikan bagaimana proses iklan benar-benar bisa tayang.
1. Pastikan status iklan telah di setujui.
Klik menu Iklan dan Ekstensi pada dashboard.
Ada 3 status iklan.
Iklan sedang Dalam Peninjauan, Iklan disetujui, Iklan ditolak.
Untuk menghindari iklan di tolak. pastikan anda telah membaca kebijakan iklan google tentang apa saja konten tidak boleh ada. Disini.
Anda juga bisa melihat alasan iklan di tolak. dengan meng klik status iklan yang di tolak. disana akan tertera apa saja yang tidak boleh dan bagaimana cara memperbaikinya.
Anggap saja kali ini Iklan anda telah disetujui. maka tentunya butuh menunggu hal lain untuk bisa tayang.
apa itu?
2. Saldo iklan sudah masuk.
Iklan otomatis akan tayang begitu saldo sudah masuk.
Tergantung dari metode pembayaran yang anda gunakan.
Jika menggunakan kartu kredit maka saldo masuk seketika. jika menggunakan metode pembayaran manual melalui transfer. biasanya butuh waktu 2-5 hari kerja.
Anda akan mendapat notifikasi email jika saldo sudah masuk.

Dan itulah detail lengkap cara pasang iklan di google ads sampai dengan tayang. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://suranegara.com






Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel